Hola, hola, hola! Selamat pagi, siang, sore, malam, para pembaca! Baik Bapak-Ibu, Kakak-Adik, Mas-Mbak yang sudah mau membaca secuil artikel ini!
Sebelum kita mulai, izinkan aku memperkenalkan diriku. Hai, aku Nafira Reeisya Andini, dari kelas 9D, nomor absen 22. Guru-guruku senang memanggilku Nafira, teman-teman sekolah memanggiku Andin, dan teman mutualku selalu memanggilku Rei.
Hari ini, aku ingin memberikan kalian dua tutorial tentang menggunakan aplikasi Scratch Jr. Tahu, 'kan? Aplikasi coding anak-anak (ini sebenarnya bikin stress, by the way) yang iconnya gambar kucing oren itu. Tentunya, tutorial yang aku berikan adalah cara membuat animasi dan juga game.
Note: Dimohon, sebelum mencoba, harap menonton/membaca tutorial manapun hingga akhir sebelum menyesal ketika struggle dengan masalah coding-nya Scratch selama satu setengah jam #pengalamanpribadi.
Hal-hal yang harus kalian miliki ketika ingin membuat animasi/game:
- Konsep cerita atau konsep game
- Kreativitas tak terbatas dan melampauinya
- Aplikasi Scratch [bisa pakai lewat web juga]
- Kesabaran jiwa dan raga serta kesadaran untuk tidak menghela napas berkali-kali (lebih parah, mengumpat) ketika terjadi error pada aplikasi
"How to Make Animation on Scratch Jr?"
1. Buat new project. Kalian bisa melakukan ini dengan menekan "home" di beranda terlebih dahulu kemudian menekan icon "+" yang tertera.
2. Hapus karakter yang tersedia di awal project. Ketika add project, karakter yang merupakan icon Scratch akan muncul sebagai penyambut (cie, disambut). Cara menghapusnya adalah dengan menekan karakter tersebut di kolom bagian kiri atas agak lama hingga muncul tanda "x" warna merah lalu tekan tanda tersebut.
3. Ganti latar dengan cara menekan icon "picture" di bagian tengah atas. Pilih latar sesuai dengan konsep yang sudah kalian buat. Jangan melenceng, ya!
4. Jika sudah, pilih karakter yang kalian inginkan. Boleh lebih dari dua, tapi jangan terlalu banyak karena akan susah manage-nya. Saranku, paling banyak 5 saja.
5. Atur posisi karakter sedemikian rupa supaya kelihatan rapi dan tidak berdesakan. Kalian bisa menggunakan "Grow" atau "Shrink" di kategori "Looks" berwarna ungu untuk mengatur besar atau kecil karakter kalian.
6. Kalian bisa mulai menambahkan "Ballon Text" (terdapat di kategori "Looks" warna ungu) dan "Wait" dengan icon "Timer" berwarna orange (kategori "Control").
7. Antara "Ballon Text" dan juga "Wait" penggunaanya berselang-seling. Satu "Ballon Text" panjangnya kurang lebih 15. Jadi, setiap kali kalian menambahkan "Wait" untuk satu "Ballon Text", bagian angka bawahnya diganti dengan angka 15.
8. Teliti dalam memberi "Ballon Text" dan juga "Wait". Ketika polanya salah, maka, seluruh animasi dalam satu panel itu juga akan berantakan. Karena, pada akhirnya, kedua "Ballon Text" dari dua karakter yang berbeda akan saling bertabrakan (seperti punyaku).
Notes: Example polanya adalah seperti ini:
• Cowok: Ballon Text - Ballon Text - Wait (15) - Ballon Text -
• Cewek: Wait (15 x 2 = 30) - Ballon Text - Wait (15)
9. Lakukan bertahap secara teliti sesuai dengan pola konseo yang sudah di buat. Jika panel tersebut telah selesai, tambahkan "Start on Bump" berwarna kuning di karakter yang terakhir kali berbicara.
10. Buatlah panel kedua dengan icon "+" di bagian kanan untuk menambah panel. Sama seperti di panel yang pertama, hapus karakter yang menjadi penyambut lalu ubah latarnya. Usahakan, gunakan latar yang berbeda supaya tidak monotone.
11. Tambahkan karakter-karakter tadi atau karakter baru jika karakter kalian lebih dari dua. Baru, kalian gunakan "Ballon Text" dan juga "Wait". Caranya sama seperti panel pertama, namun dengan pola yang berbeda. Ingat, teliti dalam memberi "Ballon Text" dan "Wait" ya!
12. Ketika sudah selesai, pergi ke panel pertama. Pilih karakter yang terakhir berbicara pada panel tersebut. Lalu, pada bagian "Start on Bump", kalian tambahkan "Go to Page" berwarna merah.
13. Kalian bisa mengulangi cara ini untuk dua panel selanjutnya. Tentunya, kalian juga harus teliti ketika ingin meletakkan "Go to Page". Perhatikan nomor kecil atau urutan yang tertera ya!
LINK : Link Animasi
"How to Make Game on Scratch Jr?"
1. Sama seperti membuat animasi, add new project dan hapus karakter yang telah bersuka ria untuk menyambut kalian di halaman pertama (maaf, Scratch Jr's icon, tapi kamu belum tentu berguna di game ini).
2. Ubah latar panel sesuai dengan konsep. Di sini, aku memilih semacam ladang rumput karena temanya peternakan. Memang tidak nyambung, but, I try my best please :")
3. Masukkan karakter. Aku memakai ayam, dua BaBi, tanda panah (kalian bisa buat dengan menekan tambah karakter custom), dan juga jamur sebagai garis finish. Atur posisi ayam di bagian pinggir kiri tengah, tanda panah di bawahnya (diperkecil), lalu dia BaBi berada di atas dan bawah (usahakan jaraknya tidak terlalu dekat), laku jamur di pinggir kanan, sejajar dengan ayam tadi.
4. Untuk ayam, kita tambahkan "Send Massage" berwarna kuning dan juga "Move Right" berwarna biru.
5. Pada kedua BaBi tadi, kita tambahkan "Start on Green Flag" berwarna kuning (benderanya hijau, sih), "Move up" atau "Move Down" berwarna biru, lalu diakhiri dengan "Repeat Forever" berwarna merah. Kemudian, tambahkan "Start on Bump" berwarna kuning.
6. Untuk tanda panahnya, tambahkan "Start on Tap" lalu tambahkan "Start Massage". Pastikan warna amplop antara ayam dan tanda panah sama ya! Jika warna amplop pada karakter ayam di ubah warna ungu, maka pada tanda panah juga diubah menjadi warna ungu. Begitu pula sebaliknya.
7. Tambahkan dua layer. Layer kedua untuk game over, layer ketiga untuk pemenang. Ganti latar pada kedua layer tersebut.
8. Buatlah karakter custom berbentuk oval kesamping dan letakkan di tengah-tengah layer. Keduanya diberi karakter oval ini ya! Kemudian, di tengah oval tersebut, letakkan tulisan "Game Over" dan juga "You Win! Play Again?"
9. Pada karakter oval pertama di layer kedua, tambahkan "Start on Bump" dan juga "Go to Page" ke layer yang pertama. Lakukan hal yang sama pada karakter oval di layer yang ketiga.
10. Kembali pada layer yang pertama. Pada kedua karakter BaBi, tambahkan "Start on Bump" dan "Go to Page" ke layer yang kedua untuk "Game Over".
11. Pada karakter jamur, tambahkan "Start on Bump" dan juga "Go to Page" ke layer yang ketiga sebagai tanda jika kita menang memainkan game tersebut.
LINK : Link Game
Itu dia tutorial-tutorial membuat animasi dan game di Scratch Jr! Aku harap, artikel kecil-kecilan dari penulis amatir ini dapat membantu kalian meski agak belibet ya. Terima kasih.
Komentar
Posting Komentar